Rabu, 27 Juni 2012

[Renungan] : Tips Hidup Damai dan Bahagia Part 2

hai bloggersz,
maaf nih membuat para pembaca tangblogs bosan gara - gara tidak diperbarui artikelnya. Untuk itu aya akan membuat lanjutan "Tips Hidup damai dan bahagia part 2". nah tanpa basa - basi yuk kita ke TKP !
1. Jangan membanding - bandingkan diri kita dengan orang lain. (Alasannya sederhana, karena masing - masing mempunyai kekurangan dan kelebihan masing - masing. Kalau kita membanding - bandingkan diri kita dengan orang lain itu hanya buang - buang waktu dan terkadang membuat kita jadi iri. Oleh karena itu "Just be yourself")
2. Jangan suka bergosip hal yang tidak penting. (Alasan yang sederhananya, karena itu hanya membuang - buang waktu saja dan tentu saja itu tidak baik. Apalagi gosip - gosip yang tidak penting itu ada unsur untuk mengadu domba atau memfitnah orang lebih tidak baik lagi. Jadi mulailah dengan mengurangi pernyataan - pernyataan atau gosip - gosip yang tdak penting dan berhentilah banyak bicara dan banyaklah mendengar)
3. Sadari bahwa kebahagiaan berawal dari diri sendiri. (Ini saya setuju tapi saya bingung untuk menjelaskan dari mana. Intinya kita harus sadar bahwa tergantung kita sendiri mau bagaimana kebahagiaan itu muncul. Kebahagiaan memang sepertinya susah untuk mendapatkannya tapi tergantung kita mengartikan kebahagiaan seperti apa maka kebahagiaan itupun muncul. Asal kebahagiaan tidak muncul gara - gara penderitaan seseorang.)
4. Jangan suka ngotot. (Ini saya setuju, karena jika kita ngotot terus dalam suatu penyelesaian masalah. Itu tidak akan memecahkan masalah melainkan menunda - nunda masalah itu {jika dalam suatu organisasi atau kerja sama}. Lalu ngotot pun tidak baik karena hanya membuang banyak tenaga untuk berbicara dengan kemauan ingin menang sendiri. Yang pasti kita harus tahu diri dan tetap ada rasa selalu mengalah jika pernyataan kita tidak disetujui atau pendapat kita tidak diambil untuk menjadi cara menyelesaikan masalah tersebut.)
5. Selalulah berkomunkasi dengan orang yang disayang. (Ini saya setuju, karena terkadang bila kita berbicara/ ngobrol dengan orang yang disayang, akan ada suatu kebahagian dalam diri kita. Itu akan otomatis keluar sendiri. Berkomunikasi juga membuat orang yang kita sayang tahu bahwa kita baik - baik saja.)
6. Luangkan waktu untuk orang tua dan beri perhatian terhadap keluarga. (Sekali lagi saya setuju dengan peryataan ini. Ini juga memberikan tanda kasih sayang terhadap keluarga maupun orang tua. Terlebih - lebih orang tua, karena orang tua yang membesarkan kita dan banyak sekali kebaikan - kebaikan yang tak dapat kita balas dalam satu kehidupan saja. Jadi selalulah meluangkan waktu untuk orang tua maupun keluarga.)
7. Janganlah mencampuri urusan orang lain. (Terkadang kita harus tahu diri juga, jika orang tersebut tidak menginginkan kita membantu masalahnya maka jangan ngotot untuk ingin membantunya atau akan menjadi masalah bagi kita. Jadi nikmati saja masalah diri kita sendiri toh kita juga memiliki masalah masing - masing.)
8. Hargailah orang yang mengasihimu dan menyayangimu. (Alasan yang sederhana, jika ingin dihargai maka hargailah seseorang terlebih dahulu, itupun akan membuat orang senang terhadap kita. Tapi yang pasti kita melakukan bukan semata - mata menginginkan sesuatu. Jadi kita lakukan semua yang baik tanpa mengingat apa imbalannya {ikhlas menghargai})
9. Usahakan membuat orang lain tersenyum atau tidak marah - marah. (Nah ini saya setuju, karena kita tidak mungkin ingin dimarahin orang terus dong. Lagipula bila orang lain tidak marah - marah bahkan tersenyum, hati kita pun bahagia dan damai.)
10. Jika ada yang susah, harus saling tolong menolong. (Tolong menolong disini bukan hanya uang saja. Tetapi tenaga, barang, bahkan organ tubuh kita.)
11. Yang paling penting bersabar. (Alasannya sederhana, bersabar membuat kita mengambil keputusan yang benar dan tidak membuat kita jadi salah paham dan sebagainya, karena kita sabar maka kita melihat semuanya dahulu dan mengambil keputusan. Bersabar bisa dilakukan setiap hari, di setiap masalah, maupun setiap detik. Karena dengan bersabar, semua keputusan salah yang hampir kita putuskan dapat menghilang dan dapat diganti dengan keputusan yang benar.)

nah Akhir kata,
semoga bermanfaat dan semoga lebih bijak lagi semua !
Disqus Comments