Selasa, 22 Mei 2012

[Renungan] : Tips Hidup Damai dan Bahagia

hai bloggersz,
nah berhubung saya sering melihat orang stress dan banyak mikirin masalahnya, saya kasih tips nih biar bisa hidup bahagia dan damai. Kali ini tipsnya akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu, part 1 dan part 2. Nah untuk Part 1 saya akan menulis yang umum. Biasanya masalah - masalah kecil yang membuat kita stress. Yuk ke TKP !
1. Jangan berpikiran negatif kepada orang lain. (Ini sudah saya sebutkan dalam beberapa artikel sebelumnya, Pemikiran negatif bisa membuat akibat yang fatal. Yang pasti kita hanya harus menikmatinya dan jika ingin menilai dan mengikuti sikap seseorang, seharusnya kita melihat sisi positifnya saja bukan yang lain karena tentu kita ingin mengikuti yang baik dong ?)
2. Jangan suka mengeluh. (Ini paling penting ! Terkadang kita mengeluh hal - hal yang kecil yang padahal kita bisa melakukannya. Ingat kehidupan sekarang ini membutuhkan kerja keras bukan orang yang suka mengeluh terus.)
3. Jangan membenci. (Ini juga pentng. Karena membenci tidak ada gunanya. Benci bisa menghasilkan dendam. Dendam yang lama akan membuat hati kita panas sehingga bisa - bisa jatuh sakit ataupun melakukan hal tidak baik (seperti membunuh orang yang dia benci baru puas). Sebenarnya, orang yang dibenci hiraukan orang itu. Karena jika sama - sama benci, bisa - bisa kemungkinan berbuat hal tidak baik besar)
4. Yang lalu biarlah berlalu, janganlah diungkit - ungkit. (Supaya pikiran kita tidak terfokus di situ saja supaya tidak menambah beban otak, kecuali kita buat masa lalu itu sebagai intropeksi diri)
5. Perbanyak senyum dan tertawa. (nah yang ini saya setuju. Tetapi ingat tetap pada situasi yang benar. Kalau tidak, nanti bisa dibilang gila sendiri hahahahaha)
6. Maafkanlah semua orang. (Ini bisa dilakukan karena sebagai bentuk terima kasih kita kepada orang yang bersalah kepada kita. Mengapa demikian ? Karena mereka sebenarnya membantu kita untuk latihan kesabaran maupun lainnya (tergantung masalahnya apa sehingga kita bisa lewati masalah ini). Nah maka sebagai bentuk terima kasih kita dapat maafkan orang yang sudah bersalah kepada kita)
7. Jangan mencampuri urusan orang lain. (Ini juga benar karena hanya menambah beban otak saja, kecuali orang itu ingin anda memberikan pendapat tentang masalahnya. Karena jika kita mencampuri urusan orang lain bisa - bisa kita terlibat dan menambah stress kita)
8. Sadari bahwa hidup adalah pembelajaran. (Manusia tidak akan berhenti belajar sampai akhir hayatnya. Hanya saja kita harus belajar yang baik bukan yang tidak baik. Seperti moral, kebajikan, pengetahuan, dan lain sebagainya.)
9. Jangan mengejek dan merendahkan orang lain. (Ini memang benar karena merendahkan orang adalah awal kehancuran juga. Jadi berhati - hati dalam berbicara. Salah sedikit berakibat fatal dan kita harus mengontrol lidah kita supaya tidak salah bicara)
10. Jangan melakukan sesuatu dengan emosi. (Ini juga benar karena bila sudah emosi lebih baik jangan mengerjakan apapun dahulu. Tunggu setelah tenang, baru melakukan lagi. Karena dengan emosi memungkinkan kita untung menghancurkan barang tersebut dan hati menjadi seperti terpaksa melakukannya.)
11. Yakinlah bahwa setiap hari adalah hari yang baik. (Ini akan membuat kita optimis terus dan tidak pesimis. Pesimis membuat kita takut dan sebaganya, seperti putus asa, malas, dan mungkin juga membuat kita tidak senang melakukan hal itu. Jadi dengan bersikap optimis kita bisa menjalani hari dengan tenang.)

Akhir kata,
Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas kembali semua .
Disqus Comments