Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Hai bloggersz,
Sudah lama nih tidak membuat artikel. Nah, kali ini saya akan menulis artikel tentang Cara Berbakti Kepada Orang Tua. Dalam posting sebelumnya di Renungan : Orang Tua. Saya sudah menjabarkan apa saja yang akan terjadi bila kita tidak dapat berbakti kepada orang tua kita. Sebelumnya juga saya pernah menulis sebuah analogi tentang orang tua dalam artikel Sebuah Pohon dan Anak Kecil. Dalam artikel tersebuh saya telah menjabarkan bagaimana kasih sayang orang tua kita kepada kita. Pertanyaan selanjutnya, bagaimanakah kita membalas kebaikan dari orang tua kita ini ? Yuk, kita bahas dalam TKP !!

Orang tua kita pada dasarnya tidak suka bertele-tele kepada kita. Orang tua kita hanya ingin kita dapat menjadi terbaik. Kita dapat dibanggakan menjadi anaknya. Saat tua nanti pun, sebenarnya orang tua tidak mau kita direpotkan oleh kehadiran orang tua kita. Namun, kita juga harus mengetahui cara berbakti kepada orang tua, bukan bersyukur bahwa akhirnya orang tua tidak datang ke rumah untuk merepotkan kita. Seperti yang saya ketahui, beberapa orang tidak menyukai orang tua datang ke rumahnya lantaran dengan alasan repot untuk mengurus orang tua. Saya kira itu adalah alasan yang salah. Sudah merupakan kewajiban kita untuk berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua kita harus pikirkan sebagai rasa sayang kita kepada orang tua, bukan beban kita yang harus dipikul sendiri. Orang tua juga mengetahui anak-anaknya banyak yang sibuk sehingga jarang sekali merepotkan anaknya. Kecuali sudah terdesak, kadangkala masih saja tidak ingin menghubungi anaknya. Jadi, apa saja yang kita bisa perbuat kepada orang tua kita ?

hubungi orang tua kita secara rutin

1.       Hubungi orang tua kita secara rutin

Ini merupakan poin yang baik bagi kita yang sibuk dengan pekerjaan kita. Tentu secara rutin dalam maksud bukan setiap hari. Bisa saja kita menelepon atau memberi kabar kepada orang tua kita seminggu sekali atau dua minggu sekali. Jangan sampai tidak ada kabar. Terkadang orang tua sangat rindu mendengarkan suara anaknya atau bisa saja orang tua juga khawatir dengan keadaan anaknya sekarang. Jadi, dengan memberikan kabar kepada orang tua kita, setidaknya kita masih ada menjalin hubungan dengan orang tua dan orang tua pun ikut senang karena anaknya tidak melupakan orang tua. Sebaliknya, bila orang tua menelepon kita, usahakan kita mengangkatnya. Alasannya sama, agar orang tua tidak khawatir dengan keadaan kita. Kita tidak mengangkat telepon orang tua dapat mengandung banyak sekali arti. Contoh, mungkin handphonenya ketinggalan, mungkin anakku sedang sakit, mungkin anakku sedang sibuk, dan lain sebagainya.

sisihkan sedikit pendapatan kita kepada orang tua

2.       Sisihkan sedikit pendapatan kita kepada orang tua

Mungkin bagi orang yang orang tuanya sudah pensiun atau tidak bekerja lagi, orang tua akan mengharapkan anaknya memberikan uang kepada mereka (meski saya tahu ada juga yang tidak berharap kepada anaknya). Kita dapat menyisihkan pendapatan kita kepada orang tua sebagai tanda kita berbakti kepada orang tua. Tentu kita bisa sesuaikan agar kita juga tidak terbeban saat memberinya. Meski kita tidak dapat membalas semua uang yang telah dihabiskan orang tua karena kita, setidaknya kita dapat membiayai kehidupan orang tua kita agar dapat hidup dengan tenang tanpa memikirkan keuangan lagi. Tentu kita senang bukan, bisa menghidupi orang tua dengan uang hasil kerja keras sendiri ?

Usahakan mencari uang agar dapat menghidupi keluarga sendiri

3.       Usahakan mencari uang agar dapat menghidupi keluarga sendiri

Maksud saya, kalaupun kita tidak dapat menyisihkan sedikit pendapatan kepada orang tua, jangan sampai malah kita yang minta-minta kepada orang tua (Khusus yang sudah dewasa, kalau masih anak-anak dan remaja boleh dilewatkan langkah ini). Tentu alasannya sama seperti poin nomor dua. Kita nanti bisa-bisa hanya megharapkan uang dari orang tua saja bukan dari pekerjaan kita. Seharusnya kita yang memberi malah kita yang meminta kepada orang tua. Kan jadinya kebalik. Sebisa mungkin kita mempunyai suatu pekerjaan jangan sampai menganggur atau tidak dapat mencukupi kebutuhan sendiri. Karena kalau kita susah, efeknya bisa kena kepada yang lain. Apalagi kita sering mengeluh kepada orang tua bahwa uang yang didapat tidak cukup. Orang tua akan resah mendengarnya.

meluangkan waktu bersama keluarga

4.       Luangkan waktu untuk berkumpul bersama orang tua

Mungkin bagi orang yang tidak terlalu sibuk, ini bisa menjadi cara untuk berbakti kepada orang tua. Mungkin masih menjadi hal mudah bila rumah kita dan orang tua masih berdekatan. Bagaimana kalau yang jauh ? Tergantung kita yang memikirkannya. Kalau orang tua memang ada keinginan mengunjungi kita, kita dapat membelikan tiket pesawat ataupun kereta kepada orang tua kita agar orang tua tidak pusing dengan masalah sepele itu. Bisa juga kita yang mengunjungi orang tua kita. Tentu itu tergantung pilihan kita.

selalu bersyukur bersama orang tua

5.       Jangan mengeluh dengan orang tua

Bukan berarti kita tidak boleh meminta solusi bantuan kepada orang tua ya. Maksud saya, orang tua mungkin saja sudah lelah dengan pekerjaannya. Orang tua butuh istirahat agar besok dapat bekerja dengan baik. Dengan mendengar lagi keluh kesah kita yang tiada hentinya, jangan salahkan orang tua kita bila kita malah dimarahi balik. Kita harus mengerti keadaan orang tua sedang bagaimana. Bila kita meminta bantuan kepada orang tua, berbicaralah dengan baik. Jangan ada kata-kata keluh kesah di dalamnya. Dengan demikian, orang tua pasti masih bisa menjawabnya.

Bagaimana kita bisa berbakti pada orang tua saat kita masih anak-anak atau remaja ? Tentu ada caranya tersendiri.

1.       Belajar untuk mandiri

Ya, dengan kita mandiri maka pekerjaan orang tua kita akan berkurang lambat laun. Mencuci piring sendiri, cuci baju sendiri, merapikan tempat tidur sendiri, dan memilih seragam sekolah sesuai hari sendiri. Itu saja orang tua akan merasa lebih ringan pekerjaannya.

membantu pekerjaan rumah

2.       Membantu pekerjaan rumah orang tua

Pekerjaan rumah seperti mengepel dan menyapu dengan rutin akan memperingan pekerjaan kita terutama ibu kita sebagai ibu rumah tangga.

3.       Ikut menghemat uang

Tentunya uang jajan kita berasal dari orang tua kita bukan ? Karena itu dengan menghemat uang jajan kita untuk kebutuhan yang amat diperlukan, itu sudah memupuk kebiasaan baik untuk kita. Dengan secara tidak langsung, kita juga membantu ekonomi keluarga sendiri. Dengan kebiasaan menghemat, secara tidak langsung kita tidak akan membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan. Akhirnya, orang tua juga tidak pusing dengan kebiasaan kita ini.

belajar dengan baik dan benar di sekolah

4.       Belajar dengan benar di sekolah

Dengan belajar benar di sekolah, orang tua kita tidak perlu pusing mengenai pelajaran kita. Orang tua juga akan teringankan mengingat anaknya sekolah dengan baik tanpa membebani atau menyusahi orang tua. Dengan belajar dengan baik, itu juga berarti kita sudah berbakti kepada orang tua kita.

Begitu banyak hal yang bisa kita lakukan untuk berbakti kepada orang tua bukan ? Mungkin kalian juga mempunyai cara untuk berbakti kepada orang tua. Berkomentarlah agar orang lain pun tahu cara berbakti kepada orang tua lainnya.

Akhir kata,
Semoga bermanfaat dan happy weekend !
Previous
Next Post »

Terima kasih, telah berkomentar dengan baik di Tangerang Blogs.
Peringatan !
Dilarang menyematkan link iklan yang sangat mengganggu para pembaca !
ConversionConversion EmoticonEmoticon