Jumat, 23 Desember 2011

Renungan : Kecewa

Hai bloggersz,
kali ini saya akan memposting tentang kekecewaan. Nih saya akan memposting untuk membuat anda yang sedang kecewa. Karena dibalik semua masalah pasti ada penyebabnya. (Karena itu adalah hukum alam)
Nah langsung ke TKP yah :D.

Biasanya kekecewaan terbesar dalam hidup kita adalah bila kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan atau miliki. Kadang-kadang kita kecewa kepada seseorang yang kita harapkan. Namun, padahal kadang kita sering mengecewakan orang lain.
  Mungkin orang sering bertanya " Apa sih penyebab kita kecewa ?"
Penyebab utamanya adalah terlalu berharap atau berharap berlebihan.
Jika kita menaruh harapan yang terlalu besar pada seseorang. tetapi kenyataannya orang itu tidak dapat memberikan sesuatu yang kita harapkan. Mungkin satu reaksi yang anda tampilkan, reaksi tersebut adalah "Kekecewaan".
Bagaimana kita dapat 'menang' atas kekecewaan kita ?
Kita dapat menang dengan cara,
    Periksalah pengharapan kita, apakah pengharapan kita terlalu tinggi atau kurang realistis ? Turunkan pengharapan kita jika pengharapan kita terlalu tinggi, karena mungkin saja orang yang kita harapkan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan seperti yang kita harapkan.
    Ingatlah bahwa kita hanya bisa mengontrol dan mengubah diri kita dan bukan mengontrol apalagi mengubah orang lain, malah kita justru akan semakin kecewa.
    Terimalah setiap kenyataan dengan ungkapan rasa syukur. (Waktu Sekolah Dasar kita sudah diajarkan untuk bersyukur atau menerima apa yang udah berikan oleh Tuhan.) Tetaplah belajar melihat sebuah kekecewaan dengan cara yang positif. Kekecewaan menolong kita untuk belajar supaya kita hanya menaruh dan menggantungkan semua harapan kita kepada Tuhan. Tambahan: supaya kita tahu bahwa semua manusia itu punya keterbatasan masing - masing.

Akhir kata,
semoga bermanfaat.

Disqus Comments