Kamis, 06 Oktober 2011

Bagaimana Bisa Terjadi Kekentalan Dalam Tubuh ?

Hai Bloggersz,
maaf kalo sudah lama tidak menulis artikel di blog ini, karena saya sekarang sedang ulangan mid-semester, jadi saya harus belajar rajin hehehehe, kali ini saya akan memposting Bagaimana Terjadi Kekentalan Darah Dalam Tubuh ? posting ini juga terkait juga dengan stroke jadi saya mempostingnya. yuk ke TKP !
Sebenarnya mungkin kalian pernah bertanya. "Mengapa kita harus minum AIR putih yang banyak ?" Kalian yang belum tahu sebenarnya jawaban pertanyaan itu "mengerikan" sekali tetapi karena ini merupakan pertanyaan yang harus dijawab untuk masyarakat luas (supaya tahu kenapa) dan harus di jawab dengan jujur. Jawabannya sebagai berikut :
Kira - kira 80% tubuh manusia terdiri dari AIR. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ manusia yang paling penting dan membutuhkan kadar air di atas 80% adalah OTAK dan DARAH ! Otak memiliki komponen Air sebanyak 90% sementara Darah memiliki komponen air sebanyak 95%. Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau sama dengan 8 gelas air putih sehari. Jumlah di atas harus di tambah beberapa liter lagi bagi seorang PEROKOK!
Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Apa yang terjadi selanjutnya jika kita tidak mengkonsumsi air lebih dari 2 liter sehari ?
Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri, apakah kalian tahu caranya ? caranya dengan jalan 'menghisap air dari komponen tubuh sendiri dari OTAK ? Belum sampai segitunya (wow... bayangkan jika otak kita kering bagaimana jadinya ?), melainkan dari sumber terdekat DARAH !
Darah yang dihisap airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang darah encer. Saat melewati Ginjal ( tempat menyaring Racun dan Darah) Ginjal akan bekerja extra keras menyaring Darah, dan karena saringan dalam Ginjal halus, tidak jarang Darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada Glomerulus Ginjal!
Akibat perobekan Glomerulus Ginjal, air seni anda bewarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan Ginjal. Bila dibiarkan terus-menerus, anda mungkin suatu saat harus mengeluarkan 2 juta rupiah atau lebih untuk mencuci darah.
 Bagaimana dengan OTAK ?
Saat darah kental mengalir melewati otak perjalanannya agak tersendat. Otak tidak lagi "encer", karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi Makanan dan Oksigen. Inilah yang mengakibatkan "STROKE"

Nah kalian semua sudah tahukan sekarang mengapa minum itu penting. Makanya kita harus minum banyak air putih (tapi jangan rakus hahahaha).

Akhir kata,
Semoga bermanfaat
Disqus Comments