Kamis, 14 Maret 2013

Renungan : Semua Bernyawa

hai bloggersz,
maaf sekali saya sudah lama tidak update blog ini. Tanpa basa-basi saya akan membuat artikel tentang "Semua Bernyawa". Ya, kecuali benda tidak hidup. Itu sudah pasti tidak bernyawa. Ok yuk ke TKP !!!

Saya sebenarnya ingin menulis sebuah syair yang patut kalian semua renungi, terutama bagi kalian yang sangat malas.
Hewan memiliki NYAWA
Tumbuhan memiliki NYAWA
Bahkan airpun berNYAWA
Segala cendawan juga memiliki NYAWA
Sebenarnya kita gunakan "NYAWA,
Untuk merawat "NYAWA"

Saya merasakan secara mendalam
Jika KAMU bermalas-malasan
KAMU melambat-lambatkan
KAMU telah menyia-nyiakan "NYAWA"
Kalau begitu, bukan hanya satu "NYAWA" yang telah tersia-siakan
Melainkan berpuluh ribu "NYAWA" telah ikut tersia-siakan !
--Sheng Yen Lu--
Sudah coba direnungkan ?
Nah, biar saya jelaskan,
Kita tentu memakan hewan dan juga tumbuhan kan ? Serta air untuk diminum ? Sebenarnya merekapun mempunyai nyawa yang sama berharganya dengan kita para manusia. Namun demikian, kita memakan mereka dan juga meminum air demi kebutuhan kita juga. Tetapi apakah kita pernah berpikir bahwa semua yang sudah kita makan dan minum ada nyawanya ? Ya, mungkin kita pernah berpikir demikian. Namun saya bukan menjelaskan yang itu. Apakah kita pernah berpikir bahwa kita bermalas-malasan, melambat-lambatkan sesuatu atau pekerjaan, kita telah menyia-nyiakan "NYAWA" (dan juga waktu yang tak dapat diputar kembali) ? Pastinya tidak ada yang memikirkan itu. Jika ada yang memikirkan itu pasti hanya segelintir orang yang memikirkan itu. Nah saya (dan guru saya) kembali mengingatkan kita bahwa janganlah menyia-nyiakan "NYAWA" dan waktu yang telah diberikan kepada kita. Pergunakan seluruh yang ada dengan baik dan benar. Jangan berpikir untung sendiri dan bermalas-malasan. MALAS adalah MUSUH yang susah dikalahkan, namun bila kita tetap optimis dan termotivasi untuk melakukan sesuatu atau pekerjaan, maka MALAS pun hilang. Jadi cobalah tetap memotivasi diri dan katakan pada diri kita JANGAN MALAS karena itu hanya menyia-nyiakan WAKTU serta "NYAWA" !

akhir kata.
semoga bermanfaat dan dapat merenunginya dengan baik !
Disqus Comments