[Motivasi] : Sulitnya Melakukan Perbuatan Baik

hai bloggersz,
hari ini saya akan menulis artikel yang berjudul, "Sulitnya Melakukan Perbuatan Baik". Nah, kita tentu sudah tahu ada 2 perbuatan umum yang sering dilakukan manusia, yaitu perbuatan baik dan perbuatan jahat. Kali ini saya akan membahas perbuatan baik terlebih dahulu. Mengapa ? Tanpa basa-basi yuk ke TKP !!!!

Sering kali orang sulit sekali melakukan perbuatan baik entah kenapa. Ada rasa malas di dalam diri kita dalam melakukan perbuatan baik. Padahal kita sudah tahu bahwa melakukan perbuatan baik banyak manfaatnya. Tentunya banyak sekali faktor yang membuat kita menjadi sulit melakukan perbuatan baik seperti malu, tidak berani, tidak mengenal siapa orang yang membutuhkan pertolongan (bahasa kerennya siapa anda siapa saya), tidak ada niat untuk menolong, tidak peduli, dan terakhir malas untuk berbuat baik. Malas melakukan perbuatan baik berarti anda sudah berada di zona berbahaya. Mengapa ? Karena mungkin anda sudah terlena untuk berbuat kejahatan dan menganggap berbuat jahat itu lebih baik daripada berbuat baik.

Terkadang saya sebenarnya punya niat untuk menolong tetapi banyak sekali kendala yang membuat saya tidak jadi menolong orang. Mungkin ini juga menjadi alasan ataupun masalah umum orang-orang tidak jadi berbuat kebaikan. Padahal kita harusnya bangga dapat berbuat kebaikan karena banyak orang lebih memilih berbuat kejahatan ketimbang berbuat kebaikan. Kalau situasinya seperti ini, minimal kita tidak memberatkan lagi orang yang butuh pertolongan. Maksud saya, apabila kita tidak dapat menolong orang lain, setidaknya jangan menambah beban orang tersebut.

Lalu, bagaimanakah caranya agar kita mudah melakukan perbuatan baik ?

  1. Adanya Niat dalam Diri Sendiri
    Salah satu kunci agar kita melakukan tindakan adalah adanya niat. Maka apabila niat kita melakukan kebaikan, seharusnya kita terdorong atau termotivasi untuk melakukan kebaikan. Apabila niat tersebut tidak ada, mau melakukan kebaikanpun susahnya minta ampun. 
  2. Jangan Malu
    Apabila kita sudah mempunyai niat, lebih baik hilangkanlah rasa malu kalian dan langsung menolong orang lain. Jangan mendengarkan orang berkata apa, yang pasti kita harus menolong orang tersebut. Kendala umum orang tidak ingin berbuat kebaikan adalah malu. Jadi kita harus menghilangkan rasa malu kita kalau ingin membantu sesama. Kita anggap saja orang yang akan kita tolong tersebut merupakan bagian dari anggota keluarga kita, serta orang-orang di sekeliling kita adalah batu-batuan yang tidak hidup. Dengan demikian seharusnya kita mampu melenyapkan rasa malu kita.
  3. Melakukan Perbuatan Baik Demi Kebaikan Diri Sendiri
    Kita melakukan kebaikan, bukan semata-mata seperti pencitraan saja, melainkan demi kebaikan diri sendiri. Apabila kita berbuat baik kepada orang lain, kita juga akan mendapatkan hal yang serupa juga dari orang lain. Apa yang kita tabur, apa juga yang kita tuai. Jadi, apabila kita berbuat kebaikan, kita akan menuai kebaikan. Sebaliknya, apabila kita berbuat kejahatan, kita juga akan menuai kejahatan. Namun, perlu diingat bahwa saat menolong orang, jangan meminta atau mengharapkan imbalan apapun. Kita harus berbuat kebaikan dengan ikhlas. 

Sekarang saya akan menyiapkan sebuah video yang sangat bagus buat kalian semua, tentang kebaikan.

Nah, Akhir kata,
Semoga bermanfaat dan semoga kalian lebih mudah berbuat kebaikan
Previous
Next Post »

Terima kasih, telah berkomentar dengan baik di Tangerang Blogs.
Peringatan !
Dilarang menyematkan link iklan yang sangat mengganggu para pembaca !
ConversionConversion EmoticonEmoticon