Selasa, 28 Juni 2011

Latihan Fisik Khusus Untuk Badminton

Hai Bloggersz,
Hari ini saya akan memposting Latihan-Latihan Khusus Untuk Badminton! Nah pasti kalian tau dong kemarin hari ada apa ? Kemarin kan habis Djarum Indonesia Open Super Series Premier. Nah bagi yang langsung tertarik dengan Badminton atau sudah lama ingin latihan Badminton karena tidak tau harus dari apa, nih.. saya kasih tips - tipsnya :

Pertamax : Latihan daya tahan

lari merupakan latihan daya tahan untuk badminton
Berlari selama 1 jam

1. Kalau senang lari usahakan lari 40-60 menit dengan kecepatan bervariasi. Misal, dari kecepatan sedang, sampai cepat sekali.
Effect:
Latihan Lari ini sebetulnya berguna buat meningkatkan stamina, frekwensi, dan intensitas. Sehingga jika bertemu orang hebat kita tidak gampang lelah dan kita bisa lari cepat menangkis kok yang akan jatuh di tempat yang jauh.

Keduax: Latihan Kekuatan

latihan push up untuk melatih kekuatan dalam badminton
Latihan Push Up

1. Ini sih bagi yang powernya kurang aja tapi kalau yang udah mempunyai power ingin menambahnya lagi (supaya smashnya melebih Fu Hai Feng {324km/jam} ngarep hahaha) ini dia latihannya :
A. Latihan Push Up dan Pull Up, atau latihan yang intinya untuk mendorong.
B. Setiap bangun tidur angkat kaki. (ini saya bilang kayaknya gak ada efek tapi tunggu pembulutangkis profesional dateng aja deh hahaha)
C. Memperkuat otot punggung dan pinggang (kalau punggung biasanya back up (bukan di komputer yah hahaha, kalau pinggang ngak tau dah)
D. Jongkok dan berdiri untuk membina kekuatan tungkai. Loncat di tempat atau sambil bergerak.
Note:
-Buat yang D di sarankan jangan loncat di tempat keras karena bisa mencederai bagian lutut, dan pinggang.
-Habis latihan ini coba-coba latihan yang sebenarnya (maksudnya bermain bulu tangkis beneran)

Ketigax: Latihan Kecepatan

latihan lari berintangan agar lebih cepat dalam badminton

Nah ini paling penting nih agan-agan semua karena jika tidak cepat maka anda akan kalah ! Buktinya pas kemarin Gade lawan Lee Chong Wei aja liat jika tidak ada kecepatan maka anda bisa jatuh bangun hahaha.
latihanya:
1. Lari cepat dalam jarak dekat
2. Lari bolak balik, jarak tempat larinya 6 meter. (seperti Shuttle Run)
3. Kalau ingin lebih kualitas latihannya buat tempat larinya ada rintangan, beban, dan lain sebagainya. (beban disini kita harus kenakan seperti jaket pemberat)
4. Jongkok dan berdiri dengan diikuti lari dan jarak dekat.

Keempatx: Latihan Fleksibilitas/Kelenturan

Nah ini kalau susah senam yang susah-susah harus bisa. Karena biasanya senam yang kita tidak bisa itu bergantung pada lenturnya tubuh kita.

Kelimax: Latihan Menggunakan Alat

1. Dengan Bola Medisin
Dengan bola ini kita harus melatih kekuatan lemparan kita. Kalian tentu boleh menggunakan satu atau 2 tangan. Lalu berdirinya 3-4 meter dari tembok, habis itu lempar bolanya dan tangkap bolanya dengan cara kita mundur ke arah garis yang di tentukan kalian. Latihan ini membuat kecepatan dan power kita meningkat.
2. Loncat Tali
Kalau ini melihat berbagai informasi. Paling sangat dianjurkan Sobat bloggersz. Kalian harus terampil dan menguasainya juga lho! Latihan ini untuk kekuatan kaki kita, daya tahan, dan koordinasi gerak kita gan.
Latihan ini di buat sebanyak 4 sesi sebagai berikut :
   Sesi I                  Sesi H
1. 3x 30 detik  1.5x 25 detik
2. 5x 25 detik  7 x 20 detik
3. 7x20 detik   5x 20 detik
4. 3x30 detik  3x40 detik

Itu ada istirahatnya juga jadi Sesi I itu sebelum istirahat dan sesi H buat sesudah. Tapi bagi yang sudah jago makin dipersempit waktunya. Istirahtnya dari 15 detik - 20 detik. Itupun harus dikurangin sdikit demi sedikit.

Keenamx: Latihan Menggunakan Bayangan

Nah lho! Gimana caranya hahaha tenang ini latihannya seperti ingin bermain basket. Kita latihan lari memakai pemberat di tubuh kita lalu kita lari mengikuti bayangan kita. jadi kita harus lebih cepat dari pada bayangan kita (tapi ngak mungkin hahaha). Melatih kecepatan kalau yang ini.

Ketujuhx : Latihan Loncat gawang/bangku

Kalau ini sesungguhnya membuat latihan kekuatan tungkai, kecepatan, dan konsentrasi. Bangkunya juga harus di tambah tingginya mulai dari 40 cm sampai 80 cm. Dan Effect dari loncat gawang ini membuat kita terpacu untuk menyelesaikannya.

Nah itulah beberapa latihan buat pemain Bultang (Bulutangkis).
Akhir Kata seperti biasanya,
Semoga bermanfaat bagi pemain Bulutangkis masa depan Indonesia dan negara lainnya
Disqus Comments